Merawat Floor Drain Dengan Baik!

Merawat Floor Drain Dengan Baik!

merawat-floor-drain-dengan-baik

Floor drain adalah sebuah saringan pada lantai sebagai tempat keluarnya air. Biasanya alat ini dipasang pada area yang sering digenangi air kamar mandi, teras, garasi, wastafel, bak cuci piring atau bathtub. 

Sayangnya meski perannya sangat vital, banyak orang mengabaikan perawatan floor drain. Beberapa masalah yang ditimbulkan akibat floor drain yang tidak dirawat dengan benar adalah terjadinya penyumbatan, mampet, air meluap serta menimbulkan bau tidak sedap. Di mana, hal tersebut juga bisa berpotensi menimbulkan berbagai macam penyakit. 

Walaupun kalian sudah memilih pipa yang tepat untuk saluran air di rumah kalian dengan harga pipa yang sedikit lebih mahal dan kualitas yang terbaik.  Namun, saluran pembuangan air malah tidak kalian rawat dengan semestinya, tidak menutup kemungkinan jika saluran pembuangan akan mengalami penyumbatan. 

Yuk, rawat floor drain kamu dengan beberapa cara dibawah ini : 

  1. Melakukan Pengecekan Floor Drain Secara Berkala

Floor Drain merupakan aksesoris yang terbilang paling mudah perawatannya. Pertama, yang bisa dilakukan agar Floor Drain tidak mudah rusak atau mampet adalah melakukan pengecekan secara berkala. Pengecekan ini dapat dilakukan satu kali dalam sebulan, atau lebih. Tergantung kondisi dan intensitas penggunaan kamar mandi.

2. Membersihkan Floor Drain Secara Rutin

Seringkali floor drain tersumbat akibat menumpuknya sisa-sisa sampah seperti debu, kotoran hingga rambut yang seringkali tersangkut dan tidak terbuang. Untuk membersihkannya bisa dengan dibuka secara manual dan dibuang kotorannya. Bila floor drain memiliki model tertutup, gunakan alat-alat seperti vacuum, alat penyedot atau pompa untuk membersihkan penyumbatan. 

Bro & Sis juga bisa mengikuti cara membersihkan floor drain dengan cara sebagai berikut:

  • Campur dan larutkan 1/2 cangkir baking soda dengan 1/4 cangkir garam.
  • Tuang larutan campuran ke saluran pembuangan ditambah 1 cangkir cuka panas. 
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Bersihkan dengan air panas yang mengalir selama 15-30 detik. 

Gimana menurut Bro & Sis tips dan tricknya? Gampang sekali kan buat merawat saluran pembuang air supaya selalu bersih di rumah Bro & Sis. Jangan lupa untuk gunakan terus Floor Drain dari bahan kuningan yang berkualitas dengan finishing chrome yang tebal sehingga lebih tahan lama seperti Floor Drain ONDA tipe FLS 01. 

Buka WhatsApp
Halo! 👋
Onda Sanitary & Plumbing
Halo! 👋
Ada yang bisa kami bantu?